Perancangan Sistem Informasi Poliklinik

       

SISTEM INFORMASI POLIKLINIK

            Sebuah poliklinik yang sedang berkembang ingin meningkatkan pelayanan terhadap para pasiennya dengan cara membangun sistem pelayanan pasien dibantu oleh komputer. Sistem yang akan dibuat dibatasi hanya untuk medical-record dan administrasi pembayaran.
            Ketika pasien mendaftar, maka akan dilakukan pengecekan terhadap data yang telah disimpan untuk mencari apakan pasien tersebut pernah terdaftar, ataukah belum. Bila belum terdaftar, maka data lengkap pasien akan dimasukkan.
          Dalam melakukan diagnosa, dokter menggunakan Kartu Rekam Medis yang diberikan oleh petugas Poliklinik. Setelah selesai pemeriksaan, dokter memberikan data tentang diagnosa terhadap pasien tersebut, serta menuliskan resep.
            Dari resep yang dibuat dokter, dikeluarkan biaya tentang obat yang harus dibayar. Selanjutnya petugas Poliklinik akan menyerahkan obat beserta kuitansi yang berisikan rincian biaya (biaya obat dan biaya pemeriksaan dokter). Data tentang diagnosa dan obat yang diberikan dicatat oleh petugas dalam kartu rekam medis dan tersimpan dalam file catatan kesehatan pasien.
           Direktur Poliklinik berharap agar sistem yang akan dibuat dapat memberikan laporan keuangan dan laporan pemakaian obat.


Pedoman dalam penggambaran DFD  (Data Flow Diagram) adalah sebagai berikut:
      1.      Menentukan Kesatuan Luar yang terlibat adalah:
a.       Pasien
b.      Dokter
c.       Direktur
                                                                                                                         
      2.      Menentukan Input/Output yang terlibat dengan Kesatuan Luar:
KESATUAN LUAR
INPUT
OUTPUT
1.      Pasien
Data Pasien
Hasil Diagnosa, Resep, Kuitansi
2.      Dokter
Data Diagnosa, Resep
Kartu Rekam Medis

3.      Direktur
-----------
Laporan Keuangan, Laporan Pemakaian Obat


      3.      Membuat Diagram Konteks
          
   
    
       4.      Membuat Bagan Berjenjang
     
        Keterangan:
             1.1              Pengecekan Data Pasien
             1.2             Penginputan Data Pasien
             2.1             Penginputan Data Diagnosa
             2.2             Pemberian Resep
 3.1       Perhitungan Biaya
             3.2             Pembayaran & Pengambilan Obat
             3.3             Penginputan Data Diagnosa & Obat
             4.1             Pembuatan Laporan Keuangan
 4.2       Pembuatan Laporan Pemakaian Obat

Simpanan Data yang digunakan
   1.      File Pasien meliputi: No. Pasien, Nama Pasien, Alamat, Jenis Kelamin, Tempat Tanggal Lahir.
   2.      File Dokter meliputi: Kd. Dokter, Nama Dokter, Spesialis, Jadwal Dokter, Biaya Dokter
   3.      File Obat meliputi: Kd. Obat, Nama Obat, Jenis Obat, Tgl.Exp
   4.      File Diagnosa meliputi: No. Diagnosa, Tgl. Diagnosa, No. Pasien, Keluhan, Penyakit.
   5.      File Resep meliputi: No. Resep, Tgl. Resep, No. Pasien, Kd. Obat, Dosis, Jml. Obat, Biaya Obat.
   6.      File CKP meliputi : No. CKP, Tgl. CKP, No. Diagnosa, No. Resep.
   7.      File Biaya meliputi: No. Kuitansi, Tgl. Kuitansi, No. Resep, Kd. Dokter, Total Biaya.
   8.      File Stok Obat meliputi: No. Stok, Tgl. Stok, Kd. Obat, Jml Masuk, Jml Keluar, Sisa.

      4.      DFD Level 0
       
      5.      DFD Level 1
       Pendaftaran Pasien, Pemeriksaan Pasien, Administrasi Pasien & Pembuatan Laporan.
      6.      Desain Input & Output
       Desain Input:
DATA PASIEN
NO. PASIEN              :…………………………………………..
NAMA PASIEN        :…………………………………………..
ALAMAT                   :…………………………………………..
TEMPAT LAHIR       :…………………………………………..
TGL. LAHIR              :…………………………………………..
JENIS KELAMIN     :…………………………………………..

       Desain Output:
KWITANSI BIAYA
No. Kuitansi                :…………………….
Tgl. Kuitansi               :…………………….
No. Pasien                   :…………………….
Nama                           :…………………….
Rincian Biaya:
1.      Biaya Dokter         : Rp………………...
2.      Biaya Obat            : Rp………………...
_________________+
                  Total Biaya              Rp………………..

      7.      Desain Database
No
Nama File
Type File
Media File
Organisasi File
Key Field
1.
Pasien
Master
Harddisk
Direct Access File
No_Pasien
2.
Dokter
Master
Harddisk
Direct Access File
Kd_Dokter
3.
Obat
Master
Harddisk
Direct Access File
Kd_Obat
4.
Rekam Medis
Transaksi
Harddisk
Direct Access File

5.
Resep
Transaksi
Harddisk
Direct Access File

6
Administrasi
Transaksi
Harddisk
Direct Access File


      8.      Desain Teknologi Secara Umum
1.      Hardware:
a.       Media Input                  : Keyboard, Scanner
b.      Media Proses                 : CPU
c.       Media Output               : Monitor, Printer
d.      Media Simpanan Luar: Harddisk Eksternal, Flashdisk
2.      Software:
a.       Sistem Operasi                        : Windows
b.      Bahasa Pemrograman              : Visual Basic
c.       Paket Aplikasi                     : Microsoft Office 2010, Microsoft Visual Basic 6.0
3.      Brainware              : Petugas Poliklinik
            

      
      

     
      
      


Tidak ada komentar:

Posting Komentar